Never Ending Study

sebuah pembelajaran tiada henti

Kesehatan Reproduksi


23 Mei 2008

Ini tulisan pertama alma di MCR. Alma disuruh nulis karena ga ikut pelatihannya. Alma juga presentasikan tulisan tersebut di depan teman relawan lainnya. Hm, alma gugup banget, tapi itulah proses pembelajaran. Alma ga akan pernah menyerah.

Kesehatan Reproduksi Tumbuh Kembang dan

Anatomi Fungsi

Karakteristik Seksual

Pengertian seksual secara umum adalah sesuatu yang berkaitan dengan alat kelamin atau hal-hal yang berhubungan dengan perkara-perkara hubungan intim antara laki-laki dengan perempuan.  Karakter seksual masing-masing jenis kelamin memiliki spesifikasi yang berbeda yakni karakter primer dan karakter sekunder.

Tanda-tanda kelamin sekunder pada remaja putra : tumbuh rambut kemaluan, kulit menjadi kasar, otot bertambah besar dan kuat, suara membesar dan lain,lain. Sedangkan pada remaja putri : pinggul melebar, payudara mulai tumbuh, tumbuh rambut kemaluan, mulai mengalami haid, dan lain-lain.

Seiring dengan pertumbuhan primer dan sekunder pada remaja ke arah kematangan yang sempurna, muncul juga hasrat dan dorongan untuk menyalurkan keinginan seksualnya. Hal tersebut merupakan suatu yang wajar karena secara alamiah dorongan seksual ini memang harus terjadi untuk menyalurkan kasih sayang antara dua insan, sebagai fungsi pengembangbiakan dan mempertahankan keturunan.

Seseorang dapat dikatakan mampu menjalankan fungsi seksualnya (reproduksi) apabila telah mengalami menarche (pada wanita) dan mimpi basah (pada pria).

Seks Primer sebagai Fungsi Reproduksi

Tanda-tanda seks primer, yang berfungsi sebagai alat reproduksi, pada pria dan wanita berbeda. Bila fungsi ini telah berkembang dengan baik artinya seseorang telah mampu memiliki keturunan.

Alat reproduksi wanita terdiri dari:

Vagina : tempat kopulasi, jalur keluarnya bayi

Uterus : tempat tumbuh kembang fetus

Ovarium : pembentukan sel telur

Alat reproduksi pria terdiri dari:

Penis : merupakan organ luar dari alat reproduksi pria, berfungsi sebagai alat kopulasi

Testis : tempat pembuatan dan pematangan sperma, ada di dalam scrotum

Scrotum : kantung testis, berfungsi menjaga suhu dalam testis.

Prostat : menghasilkan cairan

Uretra : saluran pengeluaran sperma.

Menarche dan Mimpi Basah

Menarche, atau menstruasi pertama, merupakan tanda awal berfungsinya sistem reproduksi seorang wanita. Menstruasi akan berulang setiap bulannya (biasanya siklus 28 hari) akibat peluruhan dinding rahim karena tidak terjadi kehamilan. Proses ini diatur oleh kerja hormon, yaitu FSH, LH, estrogen, dan progesteron.

Pada remaja, siklus ini umumnya belum teratur. Hal ini dapat dipengaruhi oleh berberapa faktor seperti kondisi psikis dan hormon yang belum stabil.

Pada pria, tanda kematangan sistem reproduksi diawali dengan mimpi basah. Mimpi basah merupakan proses alamiah tubuh untuk mengeluarkan penumpukan sperma di dalam tubuh. Pembentukan sperma sendiri dipengaruhi oleh hormon FSH, LH, dan testosteron.

Proses Kehamilan

Awal proses kehamilan terjadi akibat fertilisasi ovum dan sperma di tuba falopi pada organ reproduksi wanita. Fertilisasi merupakan bersatunya sel telur dan sel sperma sehingga terbentuklah zigot. Zigot terus mengalami proses pembelahan sel menjadi jumlah yang berlipat dan bergerak dari tuba falopi menuju uterus.

Pada hari ke lima atau enam setelah fertilisasi, zigot yang telah berkembang akan menempel di dinding uterus (implantasi). Bila implantasi berhasil, akan berkembang menjadi fetus. Pada umumya fetus keluar setelah kandungan berusia 36 minggu.

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi di antaranya: mandi minimal 2 x sehari, mencukur rambut kemaluan, cebok yang bersih setelah buang air kecil, khitan (pada pria) dan mengganti pembalut minimal 2 – 3 x sehari saat menstruasi (pada wanita).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 23, 2008 by in MCR Bandung.
%d bloggers like this: