Never Ending Study

sebuah pembelajaran tiada henti

Sudut Pandang Baru


Aktif di LSM, bertemu dengan orang-orang dari LSM lain, berdiskusi dengan mereka, membaca blog dan majalah memperkaya sudut pandangku. Ada begitu banyak perbedaan persepsi dari masing-masing individu terhadap satu permasalahan. Ada yang apatis, antusias, pro, kontra, atau bahkan tidak tahu sama sekali terhadap masalah yang sedang hangat diperbincangkan.

Liburan di Tasikmalaya, aku bertemu dan mengobrol dengan teman-teman dari LSM UPLINK (urban poor linkage). Ada Kang Panji, Kang Iwan, dan Kang Yuli. Aku mengenal kang panji lebih awal saat pembuatan film tentang sampah, jadi tidak terlalu sulit bagiku tuk ikut ”nimbrung” dengan mereka.

Diantara mereka, hanya Kang Yuli yang memiliki sebuah blog. Beliau seorang arsitek yang menurutku benar-benar berjuang untuk rakyat miskin. Aku membaca perjuangannya dalam membangun kembali Aceh setelah tsunami, juga tentang pandangannya terhadap pemukiman orang miskin, dan kota Jakarta. Aku rasa mereka ini orang-orang hebat.

Pandanganku terhadap kata miskin setidaknya sedikit berubah setelah bertemu dengan mereka. Miskin memang bukan hanya masalah ekonomi, tapi juga ilmu dan mungkin cara pandang terhadap satu masalah. Hebatnya, mereka memperjuangkan sebuah solusi menjadi kenyataan.

Aku menarik kesimpulan dari pengalaman Kang Yuli bahwa berinteraksi dengan masyarakat tak selamanya mudah, juga tak selamanya sulit. Butuh waktu dan pendekatan yang mungkin lebih intens agar ide dan pemikiran kita diterima sebagai solusi bagi mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 14, 2008 by in Opini.
%d bloggers like this: