Never Ending Study

sebuah pembelajaran tiada henti

Ceramah di SMPN 34 Bandung


Bulan Juli lalu, MCR mengadakan ceramah ke sekolah-sekolah dengan target siswa/i baru dalam kegiatan MOS.

Untuk pertama kalinya, hari Jumat 18 Juli 2008, saya berbicara di depan banyak orang dengan membawa nama lembaga. Saya mendapat tugas untuk membuka dan menutup acara karena pembicara utamanya adalah Soni. Tapi saya ikut andil dalam tanya-jawab karena Soni harus solat Jumat.

Hmm,, di kepala saya terdengar bisikan: kamu harus pede alma, inget pesan mba yayu… alhamdulillah acaranya lancar. Uniknya, pertanyaan yang dilontarkan mereka cenderung berputar-putar di satu permasalahan.

Saya cukup amazed sama apa yang udah saya coba. Kupikir, mereka pasti bingung karena bahasa yang saya gunakan terlalu kaku. Saya sangat menyadari hal itu dan saya bertekad untuk memperbaikinya.

Dari pengalaman pertama tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengadakan ceramah/penyuluhan kepada masyarakat:

1. Perhatikan audiens karena audiens yang menentukan penggunaan bahasa yang harus kita pakai.
2. Gesture tubuh, yang jelas jangan terlalu kaku.
3. Mic, usahakan wireless.
4. Posisi peserta, kalau bisa ada space untuk pembicara mondar-mandir diantara peserta.
5. Kuasai materi dengan baik
6. Antisipasi segala kemungkinan; contohnya tidak ada OHP
7. Senyum dan PeDe..

Pembicara juga perlu untuk mengarahkan audiens pada pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya perlu sehingga mereka tidak berputar di satu topik. Caranya bagaimana?? Huff, justru itu PR buat saya untuk ceramah berikutnya.

4 comments on “Ceramah di SMPN 34 Bandung

  1. bapakethufail
    September 7, 2008

    kalau ini cocoknya jadi guru…. (he he he)
    Sukses…!!!

  2. fatnan
    November 22, 2008

    That was great experience I guess!!
    Saya tambahkan satu ya…
    Jangan lupa, seorang pembicara harus tahu isu2 update dan asyik utk didiskusikan
    misalnya : tentang barrack obama, fluktuasi rupiah,dll
    tentunya disesuaikan dengan atmosfer audience, ok!
    semoga sukses ya!

  3. adiwena
    December 11, 2008

    Hey, almamater saya!! Pak Aceng, tiga empat masuk blog paaak, masuk BLOG!!! Ihiks, ihiks… terharu.. ehm

    Btw, kalau saya mah, biasanya selain materi inti, ditambah materi lagi: stand-up comedy! Apalagi kalau ke anak SMP atau SMU…

    Somehow, they’re more interested on ginecology rather than genealogy of knowledge…

  4. almahira
    December 11, 2008

    @adiwena

    makasih buat sarannya ya..

Leave a Reply

Information

This entry was posted on August 5, 2008 by in MCR Bandung.
