Never Ending Study

sebuah pembelajaran tiada henti

Motivasi Gabung FLP


Mengapa saya ingin ikut FLP?

Saya ingin memulainya dengan kalimat: Mengapa saya ingin menulis?

Saya ingin menjadikan kegiatan menulis sebagai bagian dari dakwah saya tuk mendidik masyarakat Indonesia. Namun, ada satu kendala yang saya hadapi: bahasa yang saya gunakan terlalu kaku dan kurang populer. Padahal untuk menjangkau pembaca yang lebih luas, penggunaan bahasa populer sangatlah penting.

Saya memiliki kebiasaan menulis di blog. Tujuannya hanya satu: membiasakan diri menulis. Tapi pada akhirnya, saya berpikir, mengapa saya tidak berusaha untuk mempelajari bidang tulis-menulis? Kesempatan untuk berkontribusi di masyarakat sangat besar. Tapi masalahnya, saya belum memiliki media dan teman-teman yang mendukung keinginan saya untuk belajar.

Saya berpikir tentang cara agar saya bisa terus belajar. Tahun depan, saya berencana tuk mempelajari gaya penulisan orang lain. Bukan untuk meniru, tetapi sebagai media pembelajaran. Apalagi saya menyadari bahwa tulisan saya sering tidak fokus dan masih berantakan bila dibandingkan dengan penulis lain.

Saya menyadari, bila saya menulis sendiri, saya tidak kan pernah maju. Tulisan saya tidak akan dikritisi, pun saya tidak mengkritisi tulisan orang lain. Maksud saya disini, adalah mengkritisi dengan cara yang objektif. Ini memacu saya untuk ikut bergabung dalam Forum Lingkar Pena (FLP), walaupun saya belum tahu apa saja yang bisa saya dapatkan bila saya bergabung menjadi anggota FLP. Saya juga berharap kedepannya saya bisa menggunakan bahasa populer dalam sebuah tulisan, selain mendapatkan bayak teman baru tentunya.

Salah satu kemampuan dasar dalam menulis adalah mendeskripsikan sesuatu dengan baik. Itu hal yang belum saya miliki. Sehinnga saat pertama kali mendengar seleksi awal FLP adalah membuat cerpen, saya cukup syok. Dengan bergabungnya saya di FLP, saya berharap saya bisa membiasakan diri mendeskripsikan sesuatu dengan baik. contohnya dengan membuat sebuah cerita.

Saya menganggap bahwa modal terbesar yang saya miliki selama ini dalam mempelajari sesuatu hanya semangat dan keyakinan pada Allah SWT. Yakin bila saya mau berusaha, pasti kan ada jalan. Melalui seleksi FLP, saya membuktikan pada diri sendiri bahwa saya mau berusaha.

Selain itu, melalui FLP, saya berharap agar saya lebih terpacu dan terus bersemangat untuk menulis serta mengingatkan saya bahwa tujuan saya menulis adalah untuk beribadah. Lagipula, berusaha bersama-sama akan lebih menyenangkan daripada sendirian.

Almahira Az Zahra

4 comments on “Motivasi Gabung FLP

  1. Arie
    April 16, 2009

    Oi, gimana cara ikutan FLP?
    Gak ada informasi mulu…

  2. almahira
    April 20, 2009

    waktu itu ORnya udah dibuka,,

    mungkin tunggu tahun depan kang…🙂

    • Arie
      April 27, 2009

      Waduh… tahun depan akku sibuk nih… skripsi. hehehe

  3. Jaya
    April 27, 2009

    alma memang punya bakat menulis, tulisannya enak dibaca dan sistematis gitu, salut dah pokoknya

Leave a Reply

Information

This entry was posted on March 22, 2009 by in activity, Uncategorized and tagged , , .
