Never Ending Study

sebuah pembelajaran tiada henti

Konser Sebagai Pembuktian Diri


Paduan Suara Mahasiswa FK Unpad adalah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang seni musik, terutama seni vokal (tarik suara). Berangkat dari kegemaran yang sama di bidang ini, anggota-anggotanya bergabung membentuk organisasi dan menjalankan tugasnya, yaitu sebagai pengisi acara di Sumpah Dokter. Selama bertahun-tahun sepertinya itulah latar belakang dan sejarah yang dipegang teguh oleh kepengurusan PSM FK Unpad sebelumnya. Dengan kegiatan yang hanya ada di kisaran Sumpah Dokter, Brevet Spesialis, dan seminar-seminar, PSM FK Unpad seolah hanya dibentuk untuk melaksanakan tugas tersebut tanpa sempat berpikir untuk melakukan sesuatu diluar tugasnya.

Masa-masa tanpa adanya perkembangan dan prestasi yang berarti terus berlanjut dan akhirnya PSM FK Unpad menghadapi kendala-kendala yang datang dari tempat dia berada, Fakultas Kedokteran Unpad. Adanya kecenderungan mahasiswa kedokteran yang hanya memilih unit kegiatan mahasiswa yang berhubungan dengan dunia yang akan digelutinya (kedokteran), menjadikan PSM FK Unpad yang memang hanya berkutat di bidang musik sebagai UKM yang dipandang sebelah mata.

Sebagai paduan suara yang telah bertahun-tahun ada di fakultas ini, nampaknya bukanlah sebuah hal yang berlebihan apabila PSM FK Unpad ingin mewujudkan kegiatan yang akan membuktikan dirinya sebagai paduan suara yang terus berkembang dan memperbaiki diri, organisasi yang solid, serta UKM yang membanggakan. PSM FK Unpad harus dapat melaksanakan kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan antaranggota dan menjadi wadah apresiasi mahasiswa fakultas kedokteran dalam bidang musik.

Dengan semangat perubahan, PSM FK Unpad mulai memperbaiki diri. Meninggalkan tradisi lamanya, PSM FK Unpad bertekad untuk menjadi UKM yang tidak hanya menjadi ‘penyanyi Sumpah Dokter’. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan konser.

Konser sebenarnya merupakan salah satu contoh kegiatan yang mampu dan seharusnya bisa dilaksanakan oleh sebuah paduan suara. Selain karena konser merupakan kegiatan yang paling dibutuhkan oleh sebuah paduan suara, ia juga pembuktian atas apresiasi seni. Apresiasi adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan dan akan didapatkan dari pelaksanaan sebuah konser.

Konser PSM FK Unpad yang diselanggarakan pada tanggal 2 Mei 2009 merupakan salah satu cara sebagai pembuktian diri. Selain itu, diharapkan dapat terbentuk kepercayaan diri yang bisa menjadi pijakan awal untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lebih besar nantinya. Kedepannya, PSM FK menjadi organisasi yang senantiasa berkembang dan berprestasi secara berkelanjutan.

Written by Dinda Prima Asmara

Edited by Almahira Az Zahra

One comment on “Konser Sebagai Pembuktian Diri

  1. Dodi
    August 15, 2009

    Mamaw jadi pengikut dunk di blog Dodi … Link mamaw dah dimasukin di blog dodi …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 3, 2009 by in PSM and tagged , , , , , .
%d bloggers like this: