Never Ending Study

sebuah pembelajaran tiada henti

Radioterapi, Unggulan Rumah Sakit Universitas Gunma


Setiap rumah sakit memiliki keunggulannya masing-masing. Misalnya, jika Rumah Sakit Hasan Sadikin memiliki bagian kedokteran nuklir terunggul se-Indonesia, maka Rumah Sakit Pendidikan Universitas Gunma memiliki teknologi terapi radiasi Heavy Metal Ion, terutama untuk pasien onkologi. Disana, kami pun menyempatkan diri untuk berkunjung kesana, yang merupakan bagian dari departemen Radiotherapy.

Seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya, kami diperbolehkan untuk melihat peralatan pendukung. Dibagian Radiotherapy, kami diajak berkeliling melihat berbagai fasilitas seperti MRI dan CT-SCAN.

Setelah puas berkeliling, kami berpindah ke gedung lain untuk melihat fasilitas terapi heavy metal ion (carbon ion) yang merupakan teknologi paling modern dalam pengobatan kanker. Fasilitas ini hanya tersedia di 5 tempat didunia. Prinsip kerjanya sama seperti teknik radiasi pada umumnya, yaitu tansfer energi partikel dari ion. Pembedanya adalah ion yang digunakan secara kimia lebih berat dari helium, seperti ion karbon, neon, silikon, dan argon.

Selama ini kita belajar bahwa pengobatan kanker umumnya dengan radiasi, kemoterapi, atau tindakan invasif (pembedahan) dengan beragam efek samping yang akan dialami penderita. Berbeda dengan terapi heavy metal ion, pasien menggunakan metode non-invasive, tanpa rasa sakit, dan nyaris tanpa efek samping.

Terapi dengan metode ini membutuhkan waktu satu bulan dengan total 16 kali kunjungan (4 kali seminggu). Waktu yang digunakan pun tergolong cepat karena hanya membutuhkan waktu 20 detik penyinaran dalam sekali terapi. Selain waktu pengobatan yang singkat, keunggulan lain dari terapi ini adalah minimnya kerusakan pada organ sekitar kanker dan efektif untuk kanker yang resistan terhadap pengobatan radiasi yang konvensional.

Karena tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan, untuk menyelesaikan satu paket terapi yang memakan waktu satu bulan ini pasien harus merogoh kocek yang tidak sedikit, yaitu sekitar 300 ribu yen (330 juta rupiah). (monik)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 20, 2011 by in activity and tagged , , , , .
%d bloggers like this: